Hotel ini Pernah di Tiduri Charlie Chaplin?? Ini dia Hotel Tertua di Indonesia!!!
Hotel ini Pernah di Tiduri Charlie Chaplin?? Ini dia Hotel Tertua di Indonesia!!!

Hotel ini Pernah di Tiduri Charlie Chaplin?? Ini dia Hotel Tertua di Indonesia!!!

Sebagai Traveller menginap di hotel bukanlah hal asing ataupun mengunjungi tempat-tempat sejarah apalagi keliling indonesia. Banyak sekali tempat-tempat bersejarah di indonesia seperti meseum, candi ataupun tempat wisata lainnya, jangan salah ada Hotel yang sudah berdiri puluhan tahun, dan sekarang masih berdiri kokoh.

Hotel tersebut menjadi saksi sejarah yang ada di indonesia, namun anda mungkin dapat menemukan hotel-hotel tersebut di beberapa kota seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta maupun kota besar lainnya.

Inilah Beberapa Hotel Tertua atau Hotel bersejarah yang ada di Indonesia yang mungkin kamu pernah menginap disana. Dimana dan Apa saja?

Baca Juga: TIDAK INGIN SALAH PAHAM? INILAH cara membaca pikiran orang KETIKA TRAVEL KETEMPAT ASING!!!!

1. The Hermitage, Jakarta

The Hermitage, Jakarta adalah sebuah hotel portofolio penghargaan yang dibangun dengan indah dalam arsitektur bangunan khas kolonial belanda, hotel tersebut dulunya bukanlah sebuah hotel melainkan pusat telekomunikasi pemerintah Hindia-Belanda pada tahun 1923, setelah Indonesia merdeka, pada 1945-1946 beralih fungsi menjadi gedung Komite Nasional Indonesia.

Lalu pada 1960 gedung ini menjadi kantor Kementerian Pengajaran dan Pendidikan Indonesia, dan terakhir pada 1999 beralih fungsi lagi menjadi Universitas Bung karno.

The Hermitage menempati gedung bersejarah yang berdiri pada 1923, maka dari itu, gedung tersebut dijadikan warisan budaya dan tidak boleh diubah arsitekturnya. Meskipun gedung ini merupakan gedung bersejarah, hotel yang menggunakan arsitektur art deco dari Jasin Tedjasukmana dan desain interior dari Thomas Elliott ini tidak menghilangkan rasa kemewahan yang diberikan oleh hotel bintang 5.

Dan sejak 2014 Hotel ini berdiri yang memiliki luas sekitar 4.039 meter persegi. Terdiri dari 9 lantai dan memiliki 90 kamar dari 8 tipe kamar yang tersedia.

2. Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta

Masih dari Jakarta tentang hotel terua atau hotel bersejarah kali ini Hotel yang dibangun sebagai akibat dari perang dengan Jepang ini dulunya bernama Hotel Indonesia dan sekarang menjadi Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta adalah hotel pertama yang dibangun sebagai hotel bintang 5 di Jakarta, Hotel ini diresmikan pada 05 Agustus 1962 oleh Presiden RI Pertama, untuk menyambut Asian Games IV pada tahun 1962. Bangunan Hotel ini dirancang oleh arsitek yang bernama Abel Sorensen serta istrinya wendy asal Amerika Serikat.

Dan Hotel Indonesia Kempinski ini memiliki lahan seluas 25.082 meter persegi dan mempunyai slogan

A Dramatic Symbol Of Free Nations Working Together

Simbol Dramatis Bangsa Bebas Bekerja Sama

Hotel ini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemda DKI pada tanggal 29 Maret 1993.

3. Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta

Setelah kita mengetahui hotel tertua atau bersejarah di kota Jakarta, kini kita beralih ke Kota Yogyakarta tepatnya di daerah Malioboro yaitu Grand Inna Malioboro Yogyakarta.

Hotel ini Merupakan salah satu hotel tertua selanjutnya yang beroperasi pada tahun 1911. Sebelumnya Hotel ini Bernama Grand Hotel De Djokdja lalu berubah menjadi Hotel Asahi pada 1942, Pada 1945 berubah lagi menjadi Hotel Merdeka dan pada 1950 menjadi Hotel Garuda dan sebagai tempat untuk menginap para tamu penting pada masa penjajahan Belanda.

Pada tahun 1975, hotel ini diserahkan pada PT Natour dan berstatus BUMN, lalu berganti nama menjadi Natour Garuda. Seiring berubahnya PT Natour menjadi PT Hotel Indonesia Natour pada 1993, maka hotel ini pun berubah menjadi Inna Garuda. Terakhir, pada tahun 2001, hotel bintang empat ini berganti nama lagi menjadi Grand Inna Malioboro.

Dengan usia dan perjalanan yang panjang, Grand Inna Malioboro menyimpan sejarah panjang Indonesia dan Yogyakarta, serta telah menjadi salah satu bangunan cagar budaya. Hotel ini memiliki 227 kamar atas delapan tipe.

4. Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta

Masih di Yogyakarta, Hotel Royal Ambarrukmo juga termasuk hotel tertua di Indonesia yang menawarkan setumpuk cerita sejarah di baliknya. Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta adalah tanah tempat hotel yang didirikan dari sejarah bangunan itu sendiri. Hotel Ambarrukmo dibuka pada tahun 1966 sebagai hotel mewah pertama di Yogyakarta.

Berbicara sejarah hotel ini tidak bisa lepas dari Sultan Hamengku Buwono V yang membangun Pesanggrahan Ambarrukmo. Pada tahun 1895-1897, bangunan ini direnovasi oleh Sultan Hamengku Buwono VII. Awalnya bangunan tersebut digunakan sebagai tempat menjamu tamu. Tempat ini kemudian menjadi sebuah kediaman Sultan Hamengku Buwono VII saat turun takhta dan menjadi hotel pada tahun1966.

Hotel berbintang 5 ini resmi berdiri pada tahun 1966 dan memiliki mural pahatan batu karya Harijadi pada tahun 1962 yang menggambarkan kehidupan masyarakat sekitar Gunung Merapi. Kemudian keramik mozaik dinding di hotel ini juga dibuat oleh seniman Indonesia Batara Lubis pada tahun 1976.

5. Hotel Majapahit, Surabaya

Sekarang kita pergi Jawa Timur terpada hotel bersejarah selanjutnya yaitu tepatnya di Surabaya yang bernama Hotel Majapahit, Surabaya. Hotel ini didirikan sejak tahun 1910 hingga sekarang. Hotel yang dibangun oleh Lucas Martin Sarkies dari Armenia dahulunya bernama Hotel Oranje, Karena Perang Dunia II dan penjajahan Jepang, kemudian berganti menjadi Hotel Yamato dan juga Hotel Hoteru.

Salah satu momen yang paling dikenal di hotel ini adalah peristiwa perobekan bendera pada tanggal 19 September 1945, yaitu Insiden Bendera. Peristiwa bermula ketika sekelompok orang Belanda yang dipimpin Mr. Ploegman mengibarkan bendera Belanda (Merah Putih Biru) di puncak sebelah kanan hotel. Para pejuang Indonesia merobek warna biru pada bendera Belanda, yang berwarna merah, putih dan biru, dengan demikian bendera itu menjadi merah putih yaitu bendera Republik Indonesia. Insiden bendera itu mengakibatkan terbunuhnya Mr. Ploegman.

Dan kini sudah berubah menjadi hotel mewah bintang lima dengan total 143 kamar di lantai satu dan dua. Ada juga kamar bersejarah di hotel ini, yang dikenal sebagai kamar Charlie Chaplin, yang pernah benar-benar ia datangi pada tahun 1936.

6. Inna Bali Heritage Hotel

Selain dari Surabaya Jawa Timur adapun dari Bali yaitu Inna Bali Herittage Hotel yang sebelumnya dikenal dengan Bali Hotel pernah menjadi hotel termewah di tahun 1930-an. Hotel ini terletak di Jalan Veteran Kota Denpasar dan didirikan pada masa penjajahan Belanda pada tanggal 22 Agustus 1927 dan menjadi saksi sejarah Bali prakemerdekaan. Begitu pula awal mula Bali menjadi surga pariwisata dunia.

Bali Hotel kemudian berubah nama menjadi Natour Bali pada 1956, dan akhirnya menjadi Hotel Inna Bali pada 1961 sampai saat ini. Hotel ini merupakan hotel pertama di Pulau Dewata, dimana banyak wisatawan yang menginap di sini saat itu. Selama dekade itu, lebih dari seratus turis asing datang ke Bali dengan kapal Koninklijke Paketvaart Maatschappij yang berlabuh di Buleleng.

7. Hotel Tjampuhan Spa Bali

Selain hotel dari Bali diatas ada juga hotel bersejarah lain yang terletak di Bali, yaitu Hotel Tjampuhan Spa yang menjadi salah satu hotel tertua dan termewah di bali. Hotel ini awalnya adalah wisma yang digunakan oleh keluarga kerajaan di ubud, kemudian sekitar pada ahun 1970-an, hotel ini mulai dibuka untuk umum sehingga semua orang dapat menginap di hotel tersebut.

Baca Juga: SERING BINGUNG DAN SALAH PAHAM? INILAH cara membaca pikiran orang KETIKA TRAVEL KETEMPAT ASING!!!!

Dan itulah beberapa hotel tertua yang menjadi saksi sejarah yang ada di indonesia. Apakah kalian Pernah atau Berminat untuk menginap disana?

3 Comments

  1. Pingback: 10 Mobil yang Cocok di Gunakan untuk Travel - Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published.